Hello, My name is Gilang Novanda. You can follow me on my twitter @gilangnovanda, Cheerrsss :D

Rabu, 21 September 2011

cangcut hero

tulisan 2010


Saya nggak nyangka jadi pengangguran itu BT. Saat masa” sekolah, saya hanya mengharapkan libur dan menganggur di rumah. Ternyata apa yang saya inginkan gak enak. Ingin sekali aku teriak “goblok” pada orang yang suka lupa bayar utang (nggak nyambung). Sebenernya sih saya sudah bekerja. Cuma bosen, Makan sama Tidur doank. Sama begadang juga. Ngopi juga. Main juga. Begitu Flat.
Pengennya sih sambil nunggu masuk kuliah, saya kerja. Ya minimal di perusahaan besar lah. Seperti perusahaan Warung Tegal yang ada di daerah pabrik. Tapi itu mimpi. Peluang masuk tipis ditambah saingan-saingan yang punya keahlian khusus. Saya sangat bersemangat untuk mengisi waktu kosong dengan bekerja.
Suatu hari yang indah saya mendapatkan berita dari teman bahwa ada lowongan kerja. Sebenernya untuk makan Tuhan selalu memberi saya cukup sekapasitas perut yang dari dulu masih di atas kelamin. Tapi ini kan Cuma mau ngisi waktu doank.
Saya kaget dan langsung geleng-geleng kepala saat tau pekerjaannya. Mungkin pergengsian teman saya di bawah normal. Nada bicara yang terdengar tanpa beban apapun dihembuskan dari mulutnya,
“Ngan dagang cangcut hungkul!”
Bagi saya, Cangcut adalah barang unik. Bukan sekedar benda berbentuk segitiga belaka, namun itu merupakan salah satu kemakmuran bagi pehobi barang-barang antik. Ditambah lagi tempat dagangnya itu di tempat rame yang biasa diduduki teman” sekolah saya. Saya takut disuruh makein cangcut buat nenenene.Aduh! no way! Pastinya saya nggak akan ngelayanin. Gimana kalau ada yang minta cariin cangcut gambar Spidermen. Atau lebih parah minta cangcut gambar haji oma. Wah gaswat.
Gimana kalau yang belinya guru yang ngajar saya di sekolah?
“Bu, mau cangcut model gimana?” kan nggak pantes juga kalau saya ngomong gitu ke guru. Apa lagi sampai ngebayangin make cangcutnya. Saya masih belum bisa Profesional.
Yang saya takutkan lagi jika orang lain mengira saya mengejar pendidikan SMA hanya unuk berjualan cangcut. Oh nehi.
Bukan gengsi! Saya nyari kerja kan Cuma untuk ngisi waktu jadi mahasiswa yang belum berisrti dan beranak.
Bujangan gituloh.
Sekarang nggak lagi musim layangan dan saya juga nggak tau sekarang lagi musim apaan. Tapi kayaknya lagi musim kelahi. Soalnya tetangga saya lagi pada musuhan gara” kalah main kelereng. Tetangga saya masih kecil.
Namun saya makin khawatir dengan saku saya yang makin lama makin rata. Takutnya saku saya dekok.
Gimana kalau shoping?
Kumaha sia!
Duit dari mana? Andai saja daki ini berharga.
Malamnya dihari yang sama, saya didatengin orang” aneh lagi. Karena saya juga orang aneh jadi saya ikut mengobrol dengan mereka dan berujung pada obrolan pekerjaan. Salah satu obrolan seseorang dari mereka membuat saya tertarik mendengarnya. Dia bilang setiap hari kerjanya main PB, gak sia-sia, dan digaji pula. Yang sangat disayangkan kerjanya itu harus setiap hari dan nggak ada liburnya. Saya tetap mau karena PB itu rame.
Ah ternyata saya kecewa lagi. Yang dimaksud PB itu bukan Point Blank, tapi Pengganti Ban alias tukang tamal ban.
Terima kasih teman atas informasi tentang lowongan kerja!

0 komentar:

Posting Komentar